“Indonesia Melangkah Bersama Anlene” Berhasil
Kumpulkan 300 Juta Langkah
Komitmen 1 langkah = Rp. 1,-
didedikasikan untuk kolaborasi program kesehatan
tulang dan pencegahan
Osteoporosis bersama PEROSI dan PERWATUSI
Jakarta, 8 Februari
2012 – Menutup serangkaian kegiatan Anlene dalam kampanye edukasi kesehatan tulang
dan pencegahan Osteoporosis yang diselenggarakan pada bulan Oktober 2011, hari
ini Anlene, susu berkalsium tinggi
besutan PT. Fonterra Brands Indonesia memaparkan hasil dari berbagai aktivitas
yang telah dijalankan. Pada kesempatan
ini Anlene juga mengumumkan pemenang ‘Anlene Journalistic & Bloggers Awards’ yang memberikan apresiasi
kepada media massa dan penulis blog dalam membantu menyebarkan pesan kesehatan
tulang kepada masyarakat luas.
Sepanjang
Oktober 2011, Anlene menyelenggarakan berbagai program yang bertujuan mengajak masyarakat
untuk mencintai tulang sejak dini dan mencegah Osteoporosis. Kampanye ini
diawali dengan kegiatan workshop untuk jurnalis ‘Boneversation Class’, lomba
tulis jurnalis dan blogger, pemeriksaan tulang secara massive dan cuma-cuma
‘Scan The Nation’ di 6 kota, hingga gerakan jalan sehat bertajuk ‘Indonesia
Melangkah Bersama Anlene’ sebagai puncak peringatan Hari Osteoporosis Nasional
2011 yang diselenggarakan di Taman Mini Indonesia Indah.
Dalam kegiatan Scan
The Nation di 6 kota yang dibarengi dengan pemeriksaan kesehatan tulang oleh 37
tim Anlene Bone Health Check di 17 kota di Indonesia, Anlene telah berhasil mengajak
1,46 juta masyakarat Indonesia untuk memeriksakan kepadatan tulangnya. Hal ini
menunjukkan bersama Anlene, sudah banyak masyarakat yang sadar mengenai
pentingnya mengetahui kondisi tulang, untuk menjaga kesehatan tulang agar
terhindar dari Osteoporosis. “Melihat tingginya antusiasme masyarakat pada
setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh Anlene,memberikan kami optimisme
bahwa kelak kami akan berhasil mewujudkan Indonesia bebas Osteoporosis. Itulah
sebabnya, kami juga bertekad meneruskan komitmen edukasi Osteoporosis dalam
banyak program di tahun ini maupun tahun-tahun mendatang. Salah satunya adalah
dengan menambah jumlah tim Anene Bone Health Check menjadi 42 tim dan meluaskan
operasinya menjadi di 30 kota,” ujar Virna Widiastuty, Brand Manager Anlene,
PT. Fonterra Brands Indonesia. Sampai saat ini Fonterra telah mendonasikan
lebih dari US$50 juta dalam 18 penelitian mengenaiOsteoporosis dan kesehatan
tulang serta US$15 Juta secara langsung untuk pengembangan produk susu ANLENE,
satu-satunya yang teruji secara klinis dapat mencegah osteoporosis1Anlene, susu
tinggi kalsium yang dilengkapi dengan nutrisi tulang penting lainnya, telah
dikembangkan oleh Fonterra di Asia selama lebih dari 20 tahun untuk dapat hadir
menjadi pilhan utama masyarakat.
Komitmen Anlene 1
Langkah = 1 Rupiah
Komitmen Anlene juga
dikuatkan melalui kemitraan dengan Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (PEROSI),
Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (PERWATUSI) di tingkat nasional, serta
International Osteporosis Foundation (IOF) di tingkat internasional. Pada
peringatan Hari Osteoporosis Nasional lalu, Anlene mengumpulkan 13,000 warga
untuk menuntaskan 10,000 langkah. “Saat menyelenggarakan Scan the Nation di
enam kota, terdapat program mini walkathon yang mengajak masyarakat berjalan
sehat di mal. Di sepuluh kota yang lain tim kami di daerah turut membantu menyemangati
masyarakat setempat untuk tetap mengayunkan langkah sebagai salah satu upaya pencegahan
Osteoporosis,” papar Virna.
Salah satu bentuk
komitmen ini juga ditunjukkan Anlene dengan menggandeng segenap lapisan
masyarakat untuk bersama-sama melangkah sambil berdonasi untuk program edukasi
kesehatan tulang dan pencegahan Osteoporosis melalui jumlah langkah jalan sehat
yang telah tercipta di 6 kota pada acara Scan the Nation dan Hari Osteoporosis
Nasional. Kegiatan ini telah berhasil menciptakan 300 juta langkah, yang akan
diwujudkan ke dalam komitmen kerjasama dengan PEROSI & PERWATUSI senilai Rp
300 juta. Dana yang terkumpul dari akumulasi derap langkah masyarakat Indonesia
ini didedikasikan untuk kolaborasi program edukasi kesehatan tulang dan
pencegahan Osteoporosis. “Sebagai bagian dari program Corporate Social Responsibility
(CSR) perusahaan melalui Anlene, tahun ini Fonterra juga menambah lima alat
baru untuk mengukur indikasi kesehatan tulang (bone scan) yang antara lain
ditujukan ke rumah sakit yang membutuhkan.” jelas dr. Muliaman Mansyur, Medical
Marketing Manager, PT. Fonterra Brands Indonesia.“Tidak sulit menjaga kesehatan
tulang dan sesungguhnya jika kita disiplin bergaya hidup sehat, tidak hanya kita
melakukan pencegahan Osteoporosis, tetapi juga penyakit kronis lain seperti
jantung,” ujar Dr. Bambang Setyohadi SpPD-KR, Ketua Perhimpunan Osteoporosis
Indonesia (PEROSI). Sepanjang tahun, Anlene mengajak masyarakat untuk melakukan
tiga langkah sederhana pencegahan Osteoporosis, yaitu minum susu berkalsium
tinggi dua gelas sehari, jalan kaki secara rutin, dan memeriksakan kesehatan
tulang secara berkala, “Terima kasih kepada PT. Fonterra Brands Indonesia untuk
komitmennya dalam pencegahan Osteoporosis. Semoga di tahun-tahun mendatang,
kerjasama dengan PERWATUSI akan semakin erat dan
selalu memberikan
dampak positif bagi kesehatan tulang masyarakat.” imbuh Anita Hutagalung, Perkumpulan
Warga Tulang Sehat Indonesia (PERWATUSI). Di akhir sesi pemaparan, Anlene
mengumumkan pemenang ajang Anlene Journalistic & Blogger Awards. Dalam
kurun waktu Oktober sampai Desember 2011, sebanyak 244 artikel dan foto telah
dipublikasikan berbagai media massa, mulai dari surat kabar, majalah serta
media online. Pembahasan tentang Osteoporosis yang ditulis para jurnalis
dikemas dari berbagai sisi, mulai dari fakta, kecenderungan Osteoporosis mulai
menyerang kaum muda, hingga upaya pencegahan berkurangnya massa tulang dengan memulai
pola hidup sehat. Hal ini menunjukkan bahwa baik Anlene maupun media massa
memiliki kepedulian yang sama pada upaya memperbaiki tingkat kesehatan
masyarakat, khususnya berkaitan dengan menjaga kondisi tulang sejak dini agar
terhindar dari Osteoporosis. Tidak ketinggalan penulis lepas melalui blog
(blogger) yang juga memberikan respon positif pada upaya edukasi osteopororsis.
Hal ini terlihat dengan cukup banyaknya tulisan mengenai Osteoporosis yang
dibahas dengan menggunakan cara pandang khas blogger.
Anlene adalah merek susu dewasa
yang diproduksi oleh PT. Fonterra Brands Indonesia - berkantor pusat di New Zealand.
Sebagai satu-satunya susu berkalsium tinggi yang teruji secara klinis mampu
mencegah Osteoporosis, Anlene memiliki komitmen untuk menyediakan susu yang
bermanfaat bagi kesehatan tulang. Anlene merupakan susu rendah lemak yang tidak
menyebabkan kegemukan. Anlene tersedia dalam bentuk bubuk dan cair. Anlene
bubuk memiliki 3 varian yaitu Anlene Actifit untuk usia 19-50 tahun, dan Anlene
Gold untuk usia 50 tahun ke atas dan Anlene TOTAL yang diperkaya dengan
glukosamin untuk kesehatan tulang dan sendi. Anlene memiliki misi untuk
membantu pencegahan penyakit Osteoporosis dengan produk susu yang membantu
menjaga kesehatan tulang dan sendi serta kampanye edukasi berkesinambungan akan
pentingnya kesehatan tulang dan sendi. Sebagai pelayanan terhadap masyarakat dalam
lima tahun ini, Anlene telah mengajak lebih dari lima 5 juta perempuan
Indonesia di berbagai kota untuk bergaya hidup sehat dan secara cuma-cuma
memberikan pemeriksaan kepadatan tulang (bone scan).
ANALISIS
Analisis tentang
etika dari kasus diatas bahwa PT. Fonterra Brands Indonesia yang berproduk ANLENE mempunyai prinsip-prinsip etika
bisnis sebagai berikut :
1.
Prinsip
Otonomi
Dimana prinsip ini perusahaan
mempunyai nilai yang baik bagi perusahaannya untuk memperkenalkan bahwa
penyakit Osteoporosis sangatlah berbahaya untuk masa yang akan datang
2.
Prinsip
Kejujuran
Perusahaan berbicara bahwa dengan
mencegah penyakit Osteoporosis dapat dicegah dengan cara berolahraga dan
mencerna makanan dan minuman yang bergizi bagi tulang
3.
Prinsip
Saling Menguntungkan
Perusahaan berupaya mempromosikan
produk dengan cara memberikan pelajaran bagi masyarakt tentang kesehatan,
PT. Fonterra Brands Indonesia yang
berproduk ANLENE juga mempunyai budaya
perusahaan yang dimana PT. Fonterra Brands Indonesia merupakan perusahaan yang
peduli akan kesehatan masyarakat dan budaya inilah yang membedakan PT. Fonterra
Brands Indonesia dari perusahaan lainnya.
Sumber; http://www.rikadanrekan.com/wp-content/uploads/2012/04/Anlene-_Winner-Announcement_Press-Release_FINAL.pdf
0 komentar:
Posting Komentar